Nasihat Kepada Remaja

Boyd K. Packer
Presiden Kuorum Dua Belas Rasul


eLeGe WaLaCk

Terlepas dari pertentangan, pencobaan dan godaan, Anda tidak perlu gagal atau takut.
Saya berbicara kepada remaja lebih personal daripada yang biasanya saya lakukan, membandingkan masa remaja saya dengan Anda.
Anda adalah berharga tak terhingga. Saya telah melihat Anda di banyak negara dan di setiap benua. Anda lebih baik daripada kami ketika muda. Anda mengetahui lebih banyak tentang Injil. Anda lebih dewasa dan lebih setia.
Saya sekarang 87 tahun. Anda mungkin bertanya-tanya apa yang dapat saya sumbangkan pada kehidupan Anda. Saya telah berada di tempat Anda sekarang dan tahu ke mana Anda akan pergi. Namun Anda belum sampai di mana saya berada. Saya mengutip beberapa baris dari puisi klasik:
Gagak tua menjadi lamban.
Gagak muda tidak.
Apa yang tak diketahui gagak muda
Banyak diketahui gagak tua.
Mengetahui banyak hal, si gagak tua
Tetaplah guru si gagak muda.
Apa yang gagak tua nan lamban tak ketahui?
—Cara bergerak lebih cepat.
Gagak muda terbang ke atas, ke bawah,
Dan berputar mengelilingi gagak tua nan lamban.
Apa yang gagak muda nan cepat tak ketahui?
—Ke mana harus pergi.1
Bukanlah kata-kata Wordsworth, meskipun begitu sebuah puisi klasik!
Dengan semua yang terjadi di dunia, dengan menurunkan standar moral, Anda orang-orang muda sedang diangkat di wilayah musuh.
Kita mengetahui dari tulisan suci ada peperangan di surga dan Lusifer memberontak, dengan pengikutnya, “dilemparkan ke bumi.”2 Dia bertekad untuk mengacaukan rencana Bapa Surgawi dan ingin mengendalikan pikiran dan tindakan semua. Pengaruh ini adalah rohani, dan dia “tersebar luas di atas tanah ini.”3
Namun terlepas dari pertentangan, pencobaan dan godaan, Anda tidak perlu gagal atau takut.
Ketika berusia 17, hampir lulus dari sekolah menengah sebagai siswa rata-rata dengan beberapa kecacatan, sewaktu saya berpikir, semua di sekeliling kami menjadi berantakan pada suatu hari Minggu pagi. Hari berikut kami dipanggil di auditorium sekolah. Di mimbar ada kursi dengan radio kecil. Kepala sekolah menyalakan radio. Kami kemudian mendengar suara Presiden Franklin Delano Roosevelt sewaktu dia mengumumkan bahwa Pearl Harbor telah dibom. Amerika Serikat berperang dengan Jepang.
Kemudian adegan itu terulang lagi. Lagi, suara Presiden Roosevelt, kali ini mengumumkan negara kami sedang berperang melawan Jerman. Perang Dunia II telah meletus di seluruh dunia.
Seketika masa depan kami tidak tentu. Kami tidak mengetahui apa yang akan terjadi. Apakah kami akan hidup untuk menikah dan berkeluarga?
Sekarang ada “peperangan dan desas-desus tentang peperangan, dan seluruh bumi [sedang] berada dalam huru-hara.”4 Anda, remaja kita, mungkin merasa tidak ada kepastian dan keamanan dalam kehidupan Anda. Saya ingin menasihati dan mengajar Anda, memberi Anda peringatan tentang beberapa hal untuk dilakukan dan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan.
Rencana Injil adalah “rencana kebahagiaan yang besar.”5 Keluarga adalah pusat dari rencana. Keluarga bergantung pada penggunaan yang layak dari kuasa yang memberikan kehidupan itu yang terdapat dalam tubuh Anda.
Dalam “Keluarga: Pernyataan kepada Dunia,” sebuah dokumen yang diilhami yang dikeluarkan oleh Presidensi Utama dan Kuorum Dua Belas Rasul, kita belajar bahwa dalam keberadaan pradunia “seluruh umat manusia—pria dan wanita—[telah] diciptakan menurut rupa Allah. Masing-masing adalah putra atau putri roh terkasih dari orang tua surgawi, dan, karenanya, masing-masing memiliki sifat dan tujuan yang ilahi. Jenis kelamin merupakan ciri mutlak [dan dibentuk di keberadaan pradunia itu]. …
“… Kami selanjutnya menyatakan bahwa Allah telah memerintahkan agar kuasa penciptaan yang kudus ini digunakan hanya antara pria dan wanita, yang telah dinikahkan secara resmi sebagai suami dan istri.”6
Hukuman besar Lusifer dan para pengikutnya yang ditimpakan ke atas diri mereka sendiri adalah mereka ditolak menerima tubuh jasmani.
Banyak godaan yang Anda hadapi, tentunya yang paling serius, berhubungan dengan tubuh Anda. Anda tidak hanya memiliki kuasa menciptakan tubuh bagi generasi baru, tetapi Anda juga memiliki hak pilihan.
Nabi Joseph Smith mengajar, “Semua makhluk yang memiliki tubuh memiliki kuasa atas mereka yang tidak memilikinya.”7 Maka setiap jiwa hidup yang memiliki tubuh jasmani pada akhirnya memiliki kuasa atas musuh. Anda menderita godaan karena sifat jasmani Anda, tetapi Anda juga memiliki kuasa atas dia dan malaikat-malaikatnya.
Pada saat kami lulus dari SMU, banyak dari teman sekelas kami telah berbaris menuju peperangan, sebagian dari mereka tidak pernah kembali. Kami semua segera masuk ke militer. Kami tidak mengetahui masa depan kami. Akankah kami selamat dari peperangan? Akankan ada sisa dari dunia kita ketika kami pulang?
Terhadap kepastian saya akan terkena wajib militer, saya bergabung dengan angkatan udara. Segera saya berada di Santa Ana, Kalifornia, untuk pelatihan prapenerbangan.
Saya pada waktu itu memiliki kesaksian bahwa Injil adalah benar, namun saya tahu guru seminari saya, Abel S. Rich dan John P. Lillywhite, tahu itu benar. Saya telah mendengarkan mereka bersaksi, dan saya memercayai mereka. Saya berpikir kepada diri sendiri, “Saya akan belajar pada kesaksian mereka sampai saya memperolehnya bagi diri saya.” Maka demikianlah terjadi.
Saya telah mendengar tentang berkat bapa bangsa tetapi belum pernah menerimanya. Di setiap pasak terdapat bapa bangsa yang ditetapkan yang memiliki roh nubuat dan roh wahyu. Dia diwenangkan untuk memberikan berkat-berkat pribadi bagi mereka yang direkomendasikan oleh uskup mereka. Saya menulis surat kepada uskup saya untuk meminta rekomendasi.
J. Roland Sandstorm adalah bapa bangsa yang ditetapkan yang tinggal di Pasak Santa Ana. Dia tidak mengetahui apa pun tentang saya dan belum pernah melihat saya sebelumnya, tetapi dia memberi saya berkat. Di dalamnya saya menemukan jawaban dan petunjuk.
Sementara berkat bapa bangsa adalah sangat pribadi, saya akan membagikan kutipan pendek dari berkat bapa bangsa saya, “Kamu akan dibimbing melalui bisikan Roh Kudus dan kamu akan diperingatkan dari bahaya. Jika kamu mengindahkan peringatan-peringatan itu, Bapa Surgawi kita akan memberkatimu agar kamu dapat dipersatukan kembali bersama orang-orang yang kamu kasihi.”8
Kata itu jika meskipun dicetak kecil, tampak sebesar halamannya. Saya akan diberkati pulang selamat dari perang jika saya mematuhi perintah-perintah dan jika saya mengindahkan bisikan Roh Kudus. Meskipun karunia itu telah dikukuhkan ke atas saya saat pembaptisan, saya belum tahu apa Roh Kudus itu atau bagaimana bisikan bekerja.
Apa yang perlu saya ketahui mengenai bisikan yang saya temukan dalam Kitab Mormon. Saya membaca bahwa “Para malaikat berbicara melalui kuasa Roh Kudus; karenanya, mereka mengucapkan firman Kristus. Karenanya, … kenyangkanlah diri dengan firman Kristus; karena lihatlah, firman Kristus akan memberi tahu kamu segala sesuatu yang hendaknya kamu lakukan.”9
Mungkin satu hal terbesar yang saya pelajari dari menelaah Kitab Mormon adalah suara Roh datang sebagai perasaan daripada suara. Anda akan belajar, sebagaimana saya telah pelajari, untuk “mendengar” suara itu yang dirasakan daripada didengar.
Nefi memarahi kakak lelakinya yang lebih tua berkata, “Kamu telah melihat seorang malaikat, dan dia berbicara kepadamu; ya, kamu telah mendengar suara-Nya dari waktu ke waktu; dan Dia telah berfirman kepadamu dengan suara lembut tenang, tetapi kamu tidak lagi berperasaan, sehingga kamu tidak dapat merasakan firman-Nya.”10
Beberapa kritikus telah berkata bahwa ayat-ayat ini salah karena Anda mendengar kata-kata, Anda tidak merasakannya. Tetapi jika Anda sama sekali mengetahui tentang komunikasi, Anda mengetahui bahwa perkataan terbaik untuk menjelaskan apa yang terjadi adalah kata perasaan.
Karunia Roh Kudus, jika Anda setuju, akan membimbing dan melindungi, dan bahkan memperbaiki tindakan Anda. Itu adalah suara rohani yang datang ke dalam benak sebagai pikiran atau perasaan dimasukkan ke dalam hati Anda. Nabi Enos berkata, “Suara Tuhan datang ke dalam pikiranku.”11 Kemudian Tuhan memberi tahu Oliver Cowdery, “Lihatlah, Aku akan memberi tahu kamu dalam pikiranmu dan dalam hatimu, melalui Roh Kudus, yang akan datang ke atas dirimu.”12
Tidaklah diharapkan Anda menjalankan kehidupan tanpa membuat kesalahan, namun Anda tidak akan membuat kesalahan yang besar tanpa pertama kali diperingatkan oleh bisikan Roh Kudus. Janji ini berlaku bagi semua anggota Gereja.
Sebagian akan membuat kesalahan kritis yang serius, melanggar hukum-hukum Injil. Di sinilah saatnya untuk mengingatkan Anda tentang Pendamaian, pertobatan, dan pengampunan lengkap sampai pada titik Anda menjadi murni kembali. Tuhan berfirman, “Lihatlah, dia yang telah bertobat dari dosa-dosanya, orang yang sama diampuni, dan Aku, Tuhan, tidak mengingatnya lagi.”13
Jika musuh hendak mengambil Anda menjadi tawanan karena kesalahan perbuatan, saya mengingatkan Anda bahwa Anda membawa kunci yang membuka pintu penjara dari dalam. Anda dapat dicuci bersih melalui Kurban Pendamaian Juruselamat, Yesus Kristus.
Anda dapat pada masa yang sulit berpikir bahwa Anda tidak berharga untuk diselamatkan karena Anda telah membuat kesalahan, besar atau kecil, dan Anda merasa Anda sekarang hilang. Itu tidak pernah benar! Hanya pertobatan dapat menyembuhkan apa yang menyakitkan. Namun pertobatan dapat menyembuhkan yang menyakitkan, tidak menjadi soal apa itu.
Jika Anda tergelincir masuk ke hal-hal yang Anda hendaknya tidak boleh tergelincir, atau jika Anda berhubungan dengan orang-orang yang menarik Anda ke arah yang salah, itulah saat untuk menegaskan kebebasan dan hak pilihan Anda. Dengarkan suara Roh, dan Anda tidak akan tersesat.
Saya berkata lagi bahwa para remaja saat ini dibesarkan di wilayah musuh dengan standar moralitas yang menurun. Namun sebagai hamba Allah, saya berjanji Anda akan dilindungi dan ditangkis dari serangan musuh jika Anda akan mengindahkan bisikan yang berasal dari Roh Kudus.
Berpakaianlah dengan sopan; berbicaralah dengan khidmat; dengarkan pada musik yang menyemangati. Hindari semua tindakan amoral dan praktik yang merendahkan secara pribadi. Kendalikan kehidupan Anda dan perintahkan diri Anda untuk gigih. Karena kami sangat mengandalkan Anda, Anda akan sangat diberkati. Anda tidak pernah jauh dari pandangan Bapa Surgawi terkasih Anda.
Kekuatan dari kesaksian saya telah berubah sejak saya merasakan perlunya untuk menyandarkan pada kesaksian para guru seminari saya. Sekarang saya bersandar kepada orang lain ketika saya berjalan karena usia dan kelumpuhan sejak masa kanak-kanak namun tidak dari keraguan berkenaan dengan hal-hal rohani. Saya telah sampai untuk percaya, memahami, dan mengetahui kebenaran berharga dari Injil dan Juruselamat, Yesus Kristus.
Sebagai salah satu saksi khusus bagi-Nya, saya bersaksi bahwa hasil dari pertempuran yang berawal di kehidupan prafana tidak dipertanyakan. Lusifer akan kalah.
Kita berbicara di muka tentang burung gagak. Anda para burung gagak muda tidak perlu terbang hilir mudik tanpa tujuan, tidak yakin dari jalan di depan. Ada mereka yang mengetahui jalannya. “Sungguh, Tuhan Allah tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.”14 Tuhan mengatur Gereja-Nya pada asas kunci-kunci dan dewan.
Di kepala Gereja duduk 15 orang yang didukung sebagai nabi, pelihat, dan pewahyu. Masing-masing Presidensi Utama dan Kuorum Dua Belas Rasul memegang semua kunci imamat yang diperlukan untuk memimpin Gereja. Rasul senior adalah Nabi-Presiden Thomas S. Monson, satu-satunya orang yang berwenang untuk menjalankan semua kunci itu.
Tulisan suci memerlukan agar Presidensi Utama dan Kuorum Dua Belas bekerja dalam dewan dan keputusan dari dewan itu harus mutlak. Maka demikianlah. Kita mengandalkan Tuhan untuk membimbing jalan dan berusaha untuk melakukan kehendak-Nya saja. Kita akan mengetahui bahwa Dia telah memberikan kepercayaan yang besar kepada kita, secara individu dan kolektif.
Anda harus belajar untuk “percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.”15 Anda harus bisa dipercaya dan mengelilingi diri Anda dengan teman-teman yang memiliki hasrat serupa.
Terkadang Anda mungkin digoda untuk berpikir seperti yang pernah saya lakukan dari waktu ke waktu saat masa remaja saya, “Jalan yang sedang terjadi, dunia akan berjalan untuk mengakhirinya. Akhir dunia akan datang sebelum saya sampai ke tempat saya hendaknya berada.” Tidak demikian! Anda dapat berharap untuk melakukannya dengan benar—menikah, berkeluarga, melihat anak dan cucu Anda, dan bahkan mungkin cicit.
Jika Anda mengikuti asas-asas ini, Anda akan dijaga dan dilindungi dan Anda sendiri akan mengetahui dari bisikan Roh Kudus ke mana jalan yang ditempuh, karena “melalui kuasa Roh Kudus kamu boleh mengetahui kebenaran akan segala hal.” Saya berjanji itu akan demikian.16 Saya berjanji itu akan demikian dan mencurahkan berkat ke atas Anda, para remaja yang berharga, dalam nama Yesus Kristus, amin.

Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:

Poskan Komentar

Yg ini atau yg itu

Yg mana yg boleh

Template Information

eLeGe WaLaCk. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Archives

About Me

Foto Saya
Wamena, Papua
I always thought it was good in my life and in my system.